Briket Olahan kotoran sapi dan  Tempurung Kelapa Dari Man 2 Makassar

Briket Olahan kotoran sapi dan Tempurung Kelapa Dari Man 2 Makassar

(Humas MAN 2 Makassar) Pemakaian energi fosil menjadi problem dunia saat ini. Energi fosil menjadi sulit karena sifatnya yang tidak dapat diperbaharui. Mencari pengganti energi non fosil yang dapat diperbaharui menjadi perhatian risearch dunia saat ini.Melakukan recile terhadap barang yang telah dipakai menjadi topik utama. Hal tersebut juga mendjadi perhatian siswa MAN 2 makassar dalam topik karya ilmiah. Hasil penelitian ilmiah tersebut memenangkan kompetisi karya ilmiah yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurursan Biologi UNM sabtu 20 okt 2018.

Arang Kelapa, kotoran sapi, kulit kemiri dan sekam padu yang dikemas dalam bentuk Briket menjadi topik penelitian siswa MAN 2 MAkassar. Hal ini mengingat sumber materi yang menumpuk yang mammpu dipergunakan untuk pengganti energi. Arang Kelapa dipilih karena sifatnya yang mudah diperoleh di lingkungan sekitar. Frisca,Ratu Cantika,Najwah Gogot masing masing adalah siswa klas xi mipa 1 Man 2 Makassar mampu mempertahankan argumennya dan menjadi juara pada lomba biologi bertajuk bioresicle yang diselenggaran Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi Uneversitas Negeri Makassar. Lomba Karya tuli ilmiah ini diselenggarakan untuk siswa SMA/MA sesulawesi selatan dan barat.

Dra Sukriyati Mpd pembina biologi MAN 2 makassar menjelaskan bahwa hasil ini adalah bagian dari program kerja MAN 2 Makassar untuk memancing siswa lebih kuat dalam meneliti.LPKIR menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan MAN 2 Makassar untuk memupuk mimat siswa dalam penelitian ilmiah.

Leave a Reply