Sejarah singkat tumbuh kembang Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Makassar dari tahun ke tahun.

Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Makassar berawal dari PGAN 4 dan 6 tahun yang didirikan oleh pemerintah tahun 1958, menggunakan 3 tempat berbeda, Perguruan Islam di jalan Dr. Sam Ratulangi dan Perguruan Muhammadiyah di jalan Muhammadiyah. Tahun 1961 – 1963 pembangunan gedung baru dilakukan di jalan Sultan Alauddin untuk menyatukan memusatkan kegiatan pendidikan. Resmi pada tahun 1964 PGAN telah terpusat di jalan Sultan Alauddin. Tahun 1980 PGAN 4 Tahun beralih menjadi MTsN dan PGA 6 Tahun beralih menjadi PGAN. Perkembangan Selanjutnya, tahun 1989 PGAN beralih menjadi MAN 2 Ujung Pandang, kemudian sesuai SK Nomor E.IV/PP.006/Kep/17-A/1998 tanggal 20 Februari 1998 beralih menjadi MAN 2 Model Makassar sampai sekarang.

Fasilitas belajar merupakan sarana dan prasarana pembelajaran. Prasarana meliputi gedung sekolah, ruang belajar, lapangan olahraga, ruang ibadah, ruang kesenian dan peralatan olah raga. Sarana pembelajaran meliputi buku pelajaran, buku bacaan, alat dan fasilitas laboraturium sekolah dan berbagai media pembelajaran yang lain.

Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Makassar terus membangun dan mengembangkan fasilitas pendidikan yang ada berupa ruang belajar, fasilitas Laboratorium Komputer, Bahasa, Biologi, Kimia dan Fisika sesuai dengan perkembangan pendidikan, terus menambah koleksi buku-buku Perpustakaan dan mengembangkan Taman Baca serta lapangan serbaguna in door dan Aula Mini serta Green House. Membina dan mengembangkan Koperasi Sekolah serta Kantin dan Masjid sebagai sentra kegiatan pendidikan religi. Dilengkapi dengan fasilitas kamera keamanan (CCTV), Sound System disetiap ruangan, Common Learning Center (CLC) serta fasilitas kesehatan sekolah (UKS) dan ruang Tata Boga bahkan studio musik untuk tumbuh kembang kreativitas seni peserta didik dan yang tak kalah penting adalah area parkir yang memadai.

Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Makassar berbasis pada pendidikan Karakter, penguatan ilmu-ilmu praktis keagamaan selalu rutin mengutus peserta didik dalam ajang Olimpiade Sains, penguatan Akademik menuju sukses LULUS dalam Ujian Nasional dan dapat masuk Perguruan Tinggi Favorit dalam maupun luar negeri.